WADUUHH !! Benda dan Hal-Hal Salah Kaprah Istilah Sehari hari

Di kehidupan sehari-hari kegiatan yang sering kita lakukan tidak luput dari brand atau merek suatu benda atau makanan. Apa jadinya bila hal hal yang sering kita ucapkan ternyata salah? dan kesalahan ini bukan hanya anda sendiri melainkan sebagian banyak orang mengucapkannya salah.


Pada pembahasan kali ini kita akan membahas Benda dan Hal-Hal Salah Kaprah Istilah Sehari hari. Berikut :

1. Galon

Saat mendengar kata galon mungkin yang terpikirkan adalah botol yang berisikan air 19 liter bukan ?

Tetapi sebenarnya di Amerika Serikat dan Inggris, galon itu dipakai sebagai satuan volume yang berisikan 3,78541 liter (AS) dan 4,54609 liter (Inggris). Banyak orang yang salah kaprah mengenai isi 1 galon = 19 liter tetapi sebenarnya 1 AQUA galon yang kita kenal itu adalah 5 galon (AS) atau 19 liter air.

2. ❌ AQUA - ✔Air Mineral


Pasti pernahkan kalian kewarung ataupun ke toko dan ingin membelii air mineral tapii bilang ke orangnya mau beli AQUA dan terlebih lagii penjualnya malah ngasih air mineral merek lain ? laah jadii siapaa yang salah dong kalau gini ? 😅

3. ❌ Indomie - ✔Mie Instan


Sama halnya seperti aqua tadii indomie sebenarnya juga nama merek mie instan tapi masih saja sebagian banyak orang saat ingin membelinya dengan sebutan indomie padahal seharusnya mie instan 😄

4. ❌ Pampers - ✔Popok Bayi


Yang satu ini jugaa gan, masih banyak orang yang menyebut popok bayi dengan sebutan pampers padahal pampers adalah merek dari popok bayi tetapi apapun mereknya tetep aja masih di sebut pampers padahal yang seharusnya itu popok bayi

5. ❌ Atlit - ✔Atlet


Ini juga nih gan yang sering salah di ucapkan yang seharusnya Atlet malah di sebut Atlit, karena yang ada itu Atletik, bukan Atlitik gan.

6. ❌ Apotik - ✔Apotek


Sama seperti di atas gan, masih ada juga beberapa dari kita yang saat ingin membeli obat bilangnya ingin ke Apotik padahal yang seharusnya ituu adalah Apotek karena yang ada ituu Apoteker, bukan Apotiker gan.

7. ❌ Praktek - ✔Praktik


Nah yang ini juga nih saya juga termasuk salah satu dari kalian yang menyebut kata Praktek 😂 padahal yang sebenarnya dan ada di KBBI itu adalah praktik gan bukan paraktek karena yang ada itu Praktikum, bukan Praktekum.

8. ❌ Busway - ✔Bus


Masih sangat banyak sekali orang yang mengatakan naik Busway menju kesini, saya pergi naik Busway padahal Busway itu adalah jalanan bus, jadi selama ini kalian naik invisible boatmobile di serial spongebob dong 😂😂 . Jadi yang bener itu naik Bus bukan naik Busway ( jalanan bus ).

9. ❌ Bank BCA/BRI/BNI - ✔BCA/BRI/BNI


Naah yang ini paling sering niih pastii biasanya di tanyain mau kemana "eh bentar nanti gw nyusul , gw mau ke Bank BCA dulu" padahal sebenarnya kepanjangan dari BCA itu Bank Central Asia jadi kalau pakai Bank BCA berarti jadi Bank Bank Central Asia dong. 😁😁😁😁

10. Jerigen - Jeriken


Jeriken adalah suatu wadah yang memiliki pegangan agar bisa di pindah kan dengan mudah,desain jeriken di buat di Jerman. Asal usul jeriken sebenarnya berasal dari Bahasa Inggris "Jerrycan" merupakan gabungan dari kata "Jerry" dan "Can". "Jerry" merupakan bentuk kata dari Jerman dan "Can" merupakan kaleng. Jadi penyebutan yang benar adalah Jeriken gan.

11. Bergeming


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bergeming > tidak bergerak sedikit juga; diam saja; yang berarti Diam tak bergerak sedikit pun.

Tetapi kenapa masih ada juga kata kata dalam puisi maupun dari orang yang mengatakan "Diam tak bergeming" diam tak bergeming berarti "Diam tidak diam saja" ataukah "Diam tapi bergerak"? lebih parah bukan 😕😕

Mari kita buat contoh :
Orang itu tetap tidak bergeming pada pendiriannya.
Orang itu tetap bergeming pada pendiriannya.
Rasa rasanya masih lebih enak dan pas yang di atas kan? padahal itu salah 😄😄😄



Jadi menurut kalian bagaimana? inilah beberapa Benda dan Hal Hal yang salah kaprah istilah sehari hari. Jika ada yang kurang boleh di tambahkan di kolom komentar dan jika ada yang salah dari yang saya sebutkan di atas silahkan di perbaiki di kolom komentar.
Previous
Next Post »