Faktor Penyebab Komputer / Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Ketika kita sedang mengoperasikan komputer, melakukan tugas, menonton film, bermain game, melakukan pekerjaan dan tiba tiba komputer yang anda gunakan mati sendiri, Hal ini tentu membuat kesal para pengguna komputer tersebut. Apa yang membuat komputer / laptop anda mati sendiri ? kejadian seperti ini sudah sering terjadi dan mungkin beberapa dari kalian yang membaca artikel ini sudah pernah mengalaminya

Jika kalian mendapatkan masalah seperti ini ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu penyabab komputer mati sendiri dan jangan langsung membawanya ke tukang servis / teknisi komputer. Biasanya komputer mati tiba tiba itu dapat di sebabkan oleh software atau hardware yang bermasalah ataupun bisa di bilang sudah berumur.



Berikut beberapa penyebab komputer mati sendiri , mungkin salah satu dari beberapa yang akan saya sebutkan adalah masalah yang anda alami .

Proccessor / CPU Overheat ( Panas )

  • Suhu processor pada komputer terlalu panas dan ini yang menyebabkan komputer mati sendiri. Ada batasan suhu yang bisa di terima oleh prosessor jika sudah melebihi maka komputer akan mati sendiri ini juga di sebabkan karena kurang baik nya sirkulasi udarad di dalam casing komputer dimana udara panas hanya berputar kembali di dalam casing dan tidak keluar. Salah satu penyebab lain mungkin karena mengeringnya pasta pada processor

Cara mengatasi : 
*Bersihkan terlebih dahulu PC komputer anda.
*Atur kembali sirkulasi udara pada casing komputer dan bersihkan debu yang berada di fan / kipas nya.
*Ganti pasta processor yang sudah mengering dengan yang baru.

  • Dalam kasus lain di Laptop biasanya yang membuat laptop anda mati sendiri itu karena kurangnya sirkulasi udara pada laptop, mungkin anda sering kali menggunakan laptop anda di atas bantal , kasur , dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu hal yang membuat laptop anda mati sendiri karena sangat kurang nya udara yang keluar dari dalam laptop dan membuat perangkat hardware pada laptop panas lalu membuat laptop anda mati sendiri.

Cara mengatasi:
*Menggunakan alas seperti papan di bawah laptop jangan langsung bantal.
*Memakai cooling pad agar udara agar sirkulasi udaranya cepat berganti.

RAM / Memory Bermasalah

RAM adalah salah satu faktor penting pada komputer, jika RAM yang anda gunakan bermasalah maka akan membuat performa RAM kurang optimal, sedangkan pekerjaan komputer sangat membuhkan kinerja RAM yang optimal. Penyebabnya bisa dikarenakan banyak nya debu pada RAM.

Cara mengatasi:
*Copot RAM dari motherboard, lalu bersihkan perlahan kuningan pada RAM degan karet penghapus.

Komputer / Laptop Berdebu

Jika komputer atau laptop anda sudah berdebu maka sirkulasi udara didalamnya akan terganggu / tersumbat keluar maupun masuk, dan ini dapat menyebabkan panas pada hardware karena sirkulasi udaranya terganggu. Apabila komputer / laptop anda menyala terlalu lama dan hardware mulai kepanasan hal ini dapat menyebabkan komputer / laptop anda mati sendiri. 

Cara mengatasi:
*Bongkar komputer / laptop anda lalu ambillah kuas dan bersihkan perlahan
*Untuk komputer usahakan cabut terlebih dahulu perangkat yang menempel pada komputer lalu bersihkan.

Mainboard Bermasalah

Jika mainboard anda sudah tidak sehat atau bisa di bilang sudah berumur ada kala nya mainboard tersebut sudah tidak dapat lagi di gunakan dalam waktu lama karena akan menyebabkan komputer mati sendiri dan beberapa masalah lainnya.

Cara mengatasi:
*Mengganti dengan mainboard yang baru karena mainboard yang sudah rusak akan sangat sulit bekerja secera optimal.

Mungkin sekian pembahasan mengenaik Faktor Penyebab Komputer / Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya, jika ada yang kurang maupun salah mohon di maafkan atau bisa di benarkan di kolom komentar, Semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih^^




Latest
Previous
Next Post »