Cara Mengecek Jenis VGA Komputer , Laptop dan Notebook

Mungkin bagi sebagian orang saat membeli sebuah komputer / laptop / notebook pasti kalian sudah mengetahui jenis vga yang tertanam di perangkat tersebut. Tetapi juga mungkin saja anda lupa dengan jenis vga tersebut dan ingin mencari tau kembali jenis vga apa yang tertanam di komputer laptop ataupun notebook kalian.



Kenapa kita perlu mengetahui jenis VGA yang tertanam dalam komputer atau laptop kita? karena VGA berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor, atau bisa di bilang VGA yang bekerja menangani grafis atau tampilan pada monitor komputer atau laptop sobat.
Bagi para pencinta game VGA sangat sakral untuk di ketahui jenis dan kelasnya karena sangat mempengaruhi tampilan dan performa saat kita bermain game. 

Untuk mengetahui jenis VGA di komputer, laptop atau notebook terbilang sangat muda. Ada 2 ( dua ) cara untuk mengetahui jenis VGA di komputer atau laptop sobat, yaitu :


1. Melalui DXDIAG


  • Klik START + Run ( tekan Windows + R ) lalu ketik dxdiag , jika ada notifikasi muncul cukup tekan OK 

  • Lalu akan muncul jendela baru , setelah itu Klik pada Tab "Display" dan anda akan melihat beberapa informasi tentang VGA anda.

2. Menggunakan Aplikasi GPU - Z


  • Cara kedua ini dengan menggunakan aplikasi GPU - Z anda bisa mendownload nya di situs resminya www.techpowerup.com.
  • Setelah GPU - Z terdownload anda bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut.
  • Jika anda sudah membuka nya maka tampilannya akan seperti dibawah ini.
    Dengan menggunakan aplikasi GPU - Z anda dapat melihat informasi VGA anda secara detail dan sangat berbeda dengan cara pertama yang hanya memiliki beberapa informasi saja.

Berikut adalah dua cara mengecek jenis vga komputer atau laptop ataupun notebook kalian. Dengan mengetahui jenis atau kelas serta performa vga anda, anda dapat menjalankan program editing maupun game tanpa harus ragu lagi jika melihat system requirement suatu game maupun program.


Previous
Next Post »