11 Faktor Penyebab Komputer Kalian Lemot atau Lambat dan Cara Mengatasinya

Saat ini, komptuter telah menjadi salah satu kebutuhan utama, di era yang modern seperti sekarang sebagian besar aktivitas di lakukan di komputer, seperti melakukan pekerjaan, menyelesaikan tugas, bermain game, internetan, multimedia dan lain sebagainya.


Namun, kadang kala saat kita melakukan hal tersebut kita sering kali mengalami  masalah performa komputer yang terkadang sangat lambat, bahkan berhenti sejenak dan tidak merespon. Tentu saja hal tersebut dapat menghambat aktivitas yang anda lakukan bahkan dapat membuat anda emosi. Sering kali beberapa dari kita menganggap kalau masalah itu terjadi karena faktor usia dari komputer atau karena tingkat kebersihan yang kurang pada komputer tersebut. Bisa di bilang kedua faktor tersebut benar namun sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat komputer atau laptop kita mengalami performa yang lambat. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa faktor komputer lambat atau lemot dan cara mengatasinya.  CEKIDOT ~



1. Kekurangan memori / RAM

Komputer juga dapat mengalami penurunan performa dikarenakan memori ( RAM ) yang kurang. Untuk ituu cobalah cek kapasitas memori yang anda gunakan, jika anda hanya menggunakan komputer untuk aplikasi standar yang berjalan di OS Windows 7 minimal kapasitas memori yang anda gunakan adalah 2 GB dan saya merekomendasi kan 4 GB RAM agar anda dapat bergerak dengan cukup bebas walaupun membuka beberapa program standar lainnya.



2. Hardisk Terdefragmentasi

Hardisk yang terdefragmentasi dapat mempengaruhi lambatnya kinerja komputer anda karena dapat mempengaruhi proses pembacaan data pada partisi hardisk kalian.

Sistem komputer melakukan proses pembacaan dan pencarian data yang tersimpan menggunakan sistem indeks, sehingga jika anda tidak melakukan defragmentasi hardisk, maka data yang tersimpan di hardisk kalian akan berpencar atau tidak dalam satu kesatuan jadi membutuh kan proses yang lebih lama agar data anda tidak berhamburan. Untuk melakukan defragmentasi anda bisa dengan cara Klik Start lalu ketikkan "Disk Defragment".



3. Kapasitas Hardisk Hampir Penuh

Hardisk adalah komponen untuk menyimpan data pada komputer, semakin lama dan sering anda menggunakan komputer semakin sedikit pula jumlah yang kosong pada hardisk.Jika kapasitas hardisk anda ada di bawah 10% maka sering kali terjadi lemot atau pun penurunan kinerja,  Semakin sedikit jumlah yang kosong pada hardisk dapat mempengaruhi kinerja komputer, untuk ituu minimal jumlah kosong pada hardisk sekitar 15% - 20% semakin besar kapasitas kosong pada hardisk anda semakin besar juga kemungkinan komputer anda bekerja dengan cepat.

Untuk ituu anda harus sering sering mengecek kapasitas hardisk anda dan menghapus file file yang tidak di perlukan lagi. Untuk mengecek kapasitas hardis bisa di lakukan dengan cara masuk pada 'My Computer' lalu klik kanan pada salah satu partisi yang ingin di cek lalu properties, Jika pada diagram yang muncul menunjukkan kapastias hardisk anda akan penuh maka anda harus memindahkan atau menghapus file file yang tidak di perlukan.



4. Hapus atau Uninstall Program Yang Tidak Penting

Program yang terinstall pada komputer juga dapat mempengaruhi lambatnya kinerja komputer. Anda harus meng-Uninstall program yang tidak penting karena program yang terinstall memiliki service dan bahkan sering kali berjalan di latar belakang dan memakan memori Anda.



5. Banyaknya Temporary Files

Temporary Files adalah file sementara dimana file file ini terbentuk saat anda mengoperasikan komputer. Temporary Files sebenarnya dapat mempercepat akses kalian ke situs yang sudah anda kunjungi tetapi di balik fungsi tersebut banyaknya temporary files dapat menyebabkan melambatnya kinerja komputer anda. Anda bisa melakukan pembersihan termporary files dengan cara : Klik START > RUN atau ( tekan Windows + R ) lalu ketik "cleanmgr" tanpa tanda kutip , lalu pilih drive yang akan di bersihkan. Atau anda juga dapat menggunakan aplikasi CCleaner untuk membersih kan file file sementara maupun file sampah



6. Hapus File Temp

Setelah anda menghapus Temporary Files anda bisa menghapus file direktori temp dengan cara : Klik Start > RUN ( Windows + R ) ketik "%tempt%" lalu klik OK
Lalu akan terbuka jendela baru setelah itu hapus semua file yang ada di temp , jangan ragu untuk menghapusnya karena hanya berisikan file yang tidak terpakai.



7 .Hapus File direktori Prefetch

Setelah anda menghapus file Temp anda bisa menghapus file Prefetch dengan cara seperti diatas yaitu tekan Windows + R lalu ketik "prefetch" lalu tekan OK dan hapus semua file yang ada di sana, jangan ragu untuk menghapusnya.



8. Banyaknya Service yang berjalan

Service pada komputer pada umumnya digunakan untuk mempermudah anda akan tetapi terlalu banyak service yang berjalan dapat mempengarugi kinerja komputer anda. Anda dapat mematikan beberapa service dari program yang tidak terlalu sering anda pakai. Cara mematikan service yaitu dengan Klik Start > Klik RUN ( Windows + R ) ketik "msconfig" lalu klik OK


Lalu jendela baru akan terbuka , Pilih tab "Services" lalu centang "Hide All Microsoft Services" lalu matikan service program yang jarang anda pakai.


9. Terlalu Banyak Program Start-UP

Ketika kalian baru saja melakukan start up komputer dan mengalami loading yang lambat dan di tambah lagii lambatnya program terbuka setelah start up bisa di pastikan penyebab utamanya adalah karena banyaknya program yang berjalan saat proses start up.

Banyaknya aplikasi yang berjalan saat start up tentu saja akan mempengaruhi RAM anda , karena RAM anda bekerja keras pada aplikasi yang berjalan saat start up tersebut sehingga sangat membebani RAM anda.

Untuk itu kalian hanya perlu mematikan beberapa start up program yang berjalan saat anda menyalakan komputer dengan cara yang sama dengan di atas,  Klik Start > Run ( Windows + R ) ketikan "msconfig" lalu tekan OK



Lalu pilih tab "Start Up" lalu matikan beberapa program yang mungkin tidak perlu dan tidak gunakan saat melakukan start up.



10. Gadget Pada Windows 7

Gadget pada windows 7 juga dapat mempengaruhi kinerja komputer jika anda terlalu banyak menggunakan gadget. Cukup gunakan gadget yang perlu anda gunakan dan jika perlu tidak usah menggunakan gadget.



11. Infeksi Malware

Jika 10 cara di atas masih tidak dapat mengatasi masalah anda. Bisa di pastikan komputer anda telah terinfeksi malware yang berjalan di latar belakang sistem komputer kalian dan mengganggu kinerja dari komputer kalian. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan beberapa antivirus yang memiliki rating tinggi seperti Kaspersky , Nod32 , Avast , dan lain sebagainya.


Itulah 11 Faktor Penyebab Komputer Kalian Lemot atau Lambat dan  Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat dan dapat menyelesaikan masalah anda. Pastikan kalian selalu menjaga kesehatan komputer kalian , dengan melakukan scan anti-virus rutin,defragment hardisk, temporary files dan lain sebagainya pada komputer anda agar komputer anda tidak mengalami masalah komputer lambat.

Previous
Next Post »