Mengenal Bagian / Komponen Komputer Dan Fungsinya

Komputer? apa itu komputer? sepertinya di era yang modern seperti sekarang mungkin semuanya sudah kenal dengan komputer . Saat ini sebagian besar aktivitas di lakukan di computer . Melakukan pekerjaan , menyelesaikan tugas , bermain game , internet , multimedia dan lain sebagainya.

Mungkin bagi mereka yang mempelajari dalam tentang computer sudah memahami bagian bagian dari computer serta fungsinya , tapi bagi mereka yang kurang paham dan mungkin tidak paham sama sekali artikel ini dapat membantu dan menjelaskan bagian computer serta fungsinya , dan dapat menyelesaikan misteri computer bagi orang awam yang tidak mengerti komponen - komponen computer yang sering mereka gunakan setiap harinya..

JENIS KOMPUTER

Secara garis besar computer terbagi menjadii dua jenis yang sangat sering kalian jumpai yaitu :
  1. Portable ( Laptop , PC tablet , Notebook , dan lain sebagainya )
  2. Deskop  ( menggunakan PC )
kali ini kita hanya akan membahas yang bagian bagian komputer nomor dua yaituu Desktop tanpa berlama lama lagii yuk CEKIDOT ~

BAGIAN KOMPUTER


  • Casing Komputer

Casing computer (case) adalah tempat memasang komponen-komponen seperti motherboard, hardsik, power supply, DVD/CD ROM dan lain sebagainya dan juga bisaa di bilang sebagai "Rumah" untuk komponen computer lainnya.

  • Power Supply Unit ( PSU)


Power Supply Unit (PSU) adalah komponen komputer yang berfungsi menstabilkan daya yang masuk ke dalam komponen / mengkonversi arus listrik AC menjadi DC bervoltase rendah, sehingga dapat dijadikan sebagai daya ke dalam komponen komputer lainnya .

  • Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai macam komponen saling terhubung dan merupakan salah satu komponen utama dari sebuah computer,
Motherboard berfungsi sebagai rumah atau tempat bagi semua komponen utama computer, seperti RAM, Processor, Hardisk/SSD serta slot ekspansi dan berbagai port lainnya.

Komponen komponen yang di pasang langsung di mainboard / motherboard adalah :

  • CPU / Processor


CPU (Central Processing Unit) atau yang sering di sebut sebagai prosessor adalah otak dari komputer. Prosessor bertugas melakukan perhitungan setiap perintah yang di jalankan sebuah computer. 

  • Chipset


Chipset berfungsi sebagai penghubung komunikasi antara Prosessor dan komponen-komponen computer lainnya seperti Memory / RAM.

  • RAM ( Random Access Memory )


RAM berfungsi sebagai tempat menyimpan data sementara dan berbagai proses , agar bisaa di akses oleh Prosessor atau komponen lainnya. Semakin besar jumlah RAM maka performa computer akan semakin cepat karena besarnya kapasitas suatu memory untuk menyimpan suatu proses ataupun data.


  • VGA / Kartu Grafis / Video CARD



Kartu grafis atau yang biasa disebut VGA adalah komponen komputer yang bertugas memproses grafis atau tampilan. Mayoritas pengguna computer pada umumnya hanya membutuhkan GPU internal (integrated), tetapi untuk mereka yang senang dengan gaming , rendering dan lain sebagainya membutuhkan dedicated GPU yang memiliki kapasitas besar agar dapat memproses grafis yang berat.

  • ROM


ROM ( Read-Only Memory ) adalah tempat tersimpannya firmware dan settingan BIOS.

  • Baterai CMOS


Baterai CMOS ini berfungsi menyalurkan daya ke chip BIOS, sehingga settingan BIOS seeperti tanggal tetap berjalan meskipun computer dalam kondisi mati.

  • BUS


Bus adalah subsistem yang dapat mentransfer data antar komponen computer. Bus dapat menghubungkan beberapa komponen dalam set kabel yang sama, menghubungkan berbagai card seperti eksternal Video Card dan Sound card ke mainboard.

  • Sound Card


Sound Card berfungsi sebagai pengolah suatu data audio atau data suara pada computer. Sound card juga berfungsi meningkatkan kualitas suara input / output misalnya kualitas surround dan bioskop.


  • Hardisk / SSD


Hardsik adalah media penyimpanan yang dapat menyimpan data sesuai kapasitasnya , termasuk data system operasi (OS) . Selain Hardsik saat ini ada juga yang di sebut SSD ( Solid State Drive ) fungsi nya sama dengan hardisk tetapi di bandingkan dengan HDD, SSD memiliki kecepatan baca dan tulis jauh lebih cepat di bandingkan HDD tetapi memiliki kapasitas tampuung yang lebih sedikit daripada HDD.
  • Optical Drive (DVD/CD-ROM)


DVD/CD-ROM berfungsi membaca data atau program dalam optical disc serta dapat menulis data ke optical disc.

  • Keyboard


Keyboard adalah input device yang berfungsi sebagai input agar dapat melakukan komunikasi dengan computer.

  • Mouse


Mouse juga merupakan suatu input device yang sangat penting dalam mengoperasikan suatu computer, mouse berfungsi menggerakkan pointer untuk memilih opsi pada layar computer.

  • Monitor


Monitor adalah untuk menampilkan video atau suatu informasi grafis yang dihasilkan dari proses computer dan bekerja sama dengan kartu grafis ( VGA ), 



Itulah bagian bagian computer beserta beberapa fungsi utamanya.Jika ada suatu kesalahan atau kekurangan komponen di atas yang tidak saya sebutkan / ingin kalian tanyakan seputar Bagian computer dan fungsinya, silahkan tulis di komentar salam EXTREME ~
Previous
Next Post »